Guillain-Barré syndrome (GBS) is a rare disorder of the peripheral nervous system. The syndrome is named after the French physicians. Brain Nerve. Nov;67(11) doi: /mf [Novel Therapeutic Interventions in Guillain-Barré Syndrome: Review and Future. Sindrom guillain-barre merupakan sindrom klinis yang ditujukan oleh onset akut dari ETIOLOGI Ada dua teori mengenai penyebab dari guillain barre syndrome yaitu: Teo ! e #$%$

Author: Dudal Mejin
Country: Ukraine
Language: English (Spanish)
Genre: Life
Published (Last): 4 August 2013
Pages: 398
PDF File Size: 12.93 Mb
ePub File Size: 6.28 Mb
ISBN: 964-7-91458-808-2
Downloads: 72788
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Mizahn

Antibodi yang bersirkulasi dalam darah ini akan mencapai myelin serta merusaknya, dengan bantuan sel-sel leukosit, sehingga terjadi inflamasi pada saraf.

Pada riwayat penyakit dahulu Jawab: Remember me Forgot password? Kebutuhan personal hyegiene pasien dibantu oleh keluarga dan perawat 1. Kemudian sambungkan ujung selang infus set baru dari botol immunoglobulin ke pasien. Organisme tersebut kemudian menyebabkan sel-sel imun, seperti halnya limfosit dan makrofag, untuk menyerang myelin.

O Tujuan pemberian imunoglobulin adalah untuk menormalkan kembali sistem axkep tubuh. Kerusakan otot-otot pernapasan ini tidak terjadi secara menyeluruh namun bertahap.

Kelemahan yang dimulai secara bertahap sejak timbulnya gejala awal sampai gejala menetap dalam waktu 14 hari, tapi ini tidak pasti pada setiap orang. GBS menyebabkan inflamasi dan destruksi dari myelin dan menyerang beberapa saraf. Sebenarnya pada penyakit rematik tidak ada gejala kesemutan.

Macam-macam sediaan obat immunoglobulin: Etiologi Penyebab yang pasti pada Sindrom Guillain-Barre sampai saat ini belum diketahui.

Gbs (Guillain Barre Syndrome)

Ade Rini apa hubungannya obat antibiotik dengan penyakit GBS? Hana mengapa dari paralisis otot pernapasan langsung didapat DP gangguan pertukaran gas? Sindrom ini dapat pula didahului oleh vaksinasi, infeksi bakteri, gangguan endokrin, tindakan operasi, anestesi dan sebagainya. Sindrom Guillain-Barre GBS dilafalkan ghee-yan bahray adalah suatu demielinasi polineuropati akut yang dikenal dengan beberapa nama lain yaitu polyneuritis idiopatik, paralisis asenden landry, dan polineuropati inflamasi akut.

Selain virus, penyakit ini juga didahului oleh infeksi yang disebabkan oleh bakteri seperti Campylobacter Jejuni pada enteritis, Mycoplasma pneumoniae, SpirochaetaSalmonella, Legionella danMycobacterium Tuberculosa. Pengurangan laju infus atau penghentian infus dapat membantu meringankan beberapa efek syndrone kemerahan pada wajah, perubahan kecepatan nadi, perubahan tekanan darah.

  DUNCAN WATTS SEIS GRADOS DE SEPARACION PDF

Ira Mengapa diberikan makanan lunak dan cair? Guillain Barre Syndrome GBS adalah terjadinya suatu masalah pada system saraf yang menyebabkan kelemahan otot, kehilangan reflex, dan kebas pada lengan, tungkai, wajah, dan bagian tubuh lain. Buka klem dan syjdrome tetesannya.

Penyakit ini biasanya terjadi …Full description. Pemberian makanan lunak dan cair syndromr diberikan lewat NGT jika pasien benar tidak bisa mengunyah dan menelan. Autoantibodi ini yang kemudian menyebabkan destruksi myelin, bahkan kadang kadang juga dapat terjadi destruksi pada axon.

Tujuan PenulisanUntuk mengetahui konsep teori dan xyndrome asuhan keperawatan pada pasien Gullain Bare Syndrome. Tidak ada yang mengetahui dengan pasti bagaimana GBS terjadi dan dapat menyerang sejumlah orang.

Ini adalah tipe demyelinasi; dan prosesnya sendiri dinamai demyelinasi primer. Yang dipantau adalah proses inspirasi dan ekspirasinya yang berhubungan dengan kekuatan otot pernapasan, kapasitas volume tidalnya kemungkinan adanya gagal napas.

GBS dapat dibedakan berbagai jenis tergantung dari guiklain yang terjadi. Penelitian menyebutkan bahwa insidensi terbanyak di Indonesia adalah dekade I samapai dekade III dibawah usia 35 tahun dengan jumlah penderita laki-laki dan syndome hampir sama.

Tipe ini askp paling sering setelah gejala diare, dan memiliki prognosis yang kurang baik, karena regenerasi akson membutuhkan waktu yang panjang dibandingkan selubung myelin, yang sembuh lebih cepat. Virus CMV merubah sel dalam system syaraf sehingga sistem imun mengenali sel tersebut sebagai sel asing. Pemberian injeksi imunoglobulin 3. Jarang mengenai usia dibawah 2 tahun. Sensasi ini dapat dengan cepat menyebar, akhirnya melumpuhkan seluruh tubuh.

Pengaruh kortikosteroid yang terpenting pada manusia adalah: Normalnya pada bayi refleks Babinski positif, tetap jika terkena GBS nilainya negatif yaitu tidak ada dorso fleksi ibu jari juga tidak diikuti membukanya jari-jari lain. Immunoglobulin dapat menetralisasi autoantibodi patologis yang ada atau menekan produksi auto antibodi tersebut, IVIg juga dapat mempercepat katabolisme IgG, yang kemudian menetralisir antigen dari virus atau bakteri sehingga T cells patologis tidak terbentuk.

  ASPIRATION OF SAMANTABHADRA PDF

Pada umumnya penderita mempunyai prognosa yang baik tetapi pada sebagian kecil penderita prognosisnya bisa buruk karena faktor usia dan waktu waktu perburukan penyakitnya sangat cepat. Hal ini yang menyebabkan paralisis pada otot. Tetapi pada banyak kasus sering disebabkan brre infeksi bwrre. Data di Indonesia mengenai gambaran epidemiologi belum banyak. Pada ekstremitas sinistra dan dekstra.

Khusus pada pasien GBS. Pada pasien dengan inkontenensia refleks tidak mempunyai kemampuan untuk mengkontraksikan spingter eksternalnya sehingga pasien selalu kencing tanpa bisa menahanyan bila vesika urinarianya sudah penuh.

[Novel Therapeutic Interventions in Guillain-Barré Syndrome: Review and Future Perspective].

Asupan nutrisi pada pasien yang kurang karena adanya kelemahan otot untuk mengunyah dan menelan. Ada beberapa teori mengenai pembentukan autoantibodiyang pertama adalah virus dan bakteri mengubah susunan sel sel saraf sehingga sistem imun tubuh syndrpme sebagai benda asing.

Pada GBS dapat terjadi inkontinensia atau retensi urine. Pathway GBS xxxxFull description. Terjadi puncak insidensi antara usia tahun dan antara tahun. Selubung myelin sebagai isolator listrik, mencegah arus pendek antara akson, dan mempasilitasi konduksi. Ventilasi mekanik mungkin diperlukan jika volume ekspirasi paksa adalah menimbulkan paralisis misalnya suksinilkolin karena meningkatnya resiko hiperkalemia yang membahayakan hidup.

Fase penyembuhan penyakit SGB ini berlangsung dalam waktu yang kurang dari 6 bulan.

[Novel Therapeutic Interventions in Guillain-Barré Syndrome: Review and Future Perspective].

Sampai saat ini penyebab pasti penyakit ini masih dalam perdebatan. Tetapi akhir-akhir ini terungkap ternyata virus bukan sebagai penyebab. Plasmapharesis dianjurkan untuk pasien yang mengalami kelemahan sedang hingga berat kemampuan berjalan dengan bantuan atau tidak mampu berjalan sama sekali.